Disil's stuff

OSN Journey #6 - It's lomba time

Tadi pagi adalah pelaksanaan dari OSN tingkat Kabupaten/Kota. Di sekolah gw, event ini dimulai telat, yakni sekitar jam setengah 9an, padahal harusnya jam 8 pas sudah mulai.

Anyway, soal ekonomi banyak menggunakan logika. which to be honest sounds fun. At least gw bisa ngerjain tanpa perlu terlalu mengacu kepada teori ekonomi yang endless jumlahnya.

Soal yang keluar bervariatif, salah satunya mengenai trade-off ketika kita melakukan suatu hal. Materi ini belum pernah gw liat sebelumnya, tapi untungnya bisa diselesaikan secara logis.

Gw mengerjakan dalam waktu kurang lebih 1 jam. Dari total 50 soal, hanya ada 20 soal yang gw yakin pasti benar. 20 soal lagi, gw tidak terlalu yakin, tapi masih bisa menghubungkannya dengan pengetahuan yg ada di otak, jadi ya bisa disebut "ragu-ragu". 10 soal sisanya, ngeblank sama sekali.

Untungnya, tidak terlalu banyak hitungan biaya produksi. Meskipun hitungan itu hanya tinggal mencari variabel Q ataupun P, namun nyatanya jika sudah ditambahkan faktor lain seperti subsidi dan pajak maka perhitungannya akan berubah drastis.

Gw baru selesai sekitar 4 menit sebelum waktu habis. Dan di lomba ini tidak ada pengawasan sama sekali. Hanya ada operator yang muncul sesekali ke ruangan lab untuk bertanya "ada yang terkendala?". Tidak ada pengawas dari sekolah lain. Semua peraturan mengenai pelaksanaan OSK di juknis hanyalah gurau belaka.

Semua punya kesempatan untuk nyontek. Hape saja tidak dikumpulkan, jadi masih bisa mengecek hape. Sudah seperti mengerjakan soal ulangan online saja.

I thought this thing only happened in Serang. Ternyata di banyak tempat gitu. Nggak diawasin, dan peserta bisa seenaknya google kalau mau.

This is where integritas comes to play. Kejujuran (secara niat) memang benar2 ditekankan disini. Kesempatan sudah tersedia, tinggal kitanya saja apakah mau untuk memanfaatkan "kejahatan" ini atau tidak.

Gw baru tau mengenai hal ini ketika sore hari, ngescroll feed IG dan nemu image seperti ini: bukti diskusi osn

I sighed. Gimana ceritanya mau lolos kalau berlawanan dengan orang2 seperti ini? The competition is rigged from the start. No effort was made to reduce the amount of this shady thing.

With great power comes great responsibility.

Ya begitulah kehidupan. Gw masih banyak belum tau dunia OSN itu seperti apa. DengerΒ² ada masalah mengenai PO medal, dan kebocoran soal. Tapi yaudahlah, kalau memang takdirnya lolos ke provinsi, ya lolos aja.

#osn